Pangdam IM Disambut Tarian Pamulia Jamee

Oleh
WhatsApp Image 2017-04-13 at 5.20.41 PM

Blang Bintang - Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM) Mayjen TNI Moch Fachrudin, S.Sos beserta Ibu Ketua Persit KCK PD Iskandar Muda disambut dengan tarian Pamulia Jamee di Bandara Sultan Iskandar Muda (Lanud SIM) Blang Bintang, Aceh Besar, Kamis pagi (13/4/17).

Menurut masyarakat Aceh, Tarian Pamulia Jamee ini merupakan tarian tradisional Aceh untuk menyambut datangnya tamu kehormatan. Dimana pelaksanaannya dilakukan pada saat tamu kehormatan mengunjungi atau datang ke suatu daerah atau tempat.

Ranup Lampuan dalam bahasa Aceh, berarti sirih dalam puan. Puan adalah tempat sirih khas Aceh. Karya tari yang berlatar belakang adat istiadat ini secara koreografi menceritakan bagaimana kebiasaan masyarakat Aceh menyambut tamu ini setiap gerakannya mempunyai arti tersendiri.

Meski hampir selalu menjadi suguhan utama dalam setiap upacara penyambutan tamu di Aceh, namun tidak banyak masyarakat Aceh yang tahu tentang asal usul dan siapa pencipta tari ini.

Tari ini, pada mulanya hanya terdapat di Kotamadya Banda Aceh. Akan tetapi dengan cepat tersebar ke setiap kabupaten dan kota lainnya di seluruh Aceh.

Tampak hadir dalam penyambutan Pangdam Iskandar Muda antara lain Kasdam,  Rektor Unsiyah, Wakil Ketua DPRA, Wakapolda, Danlanud, Pa Ahli, LO AU, para Asisten, para Dansat/Kabalak jajaran Kodam Iskandar Muda beserta pengurus Persit Kartika Chandra Kirana PD Iskandar Muda.

Komentar

Loading...