Penyuluhan pertanian wujudkan program swasembada pangan nasional

Oleh
WhatsApp Image 2017-04-12 at 9.10.56 AM

Aceh Barat- Personel Satuan tugas Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke -98 Kodim 0105/Aceh Barat bekerjasama dengan  Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan Kehutanan dan Ketahanan Pangan (BP4K) Kabupaten Aceh Barat menggelar penyuluhan pertanian, pangan dan holtikultura kepada masyrakat yang tergabung dalam kelompok tani Gampong Bale dan Pasir Putih, Kecamatan  Meureubo, Kabupaten Aceh Barat. Rabu (12/4/17).

Kegiatan yang berlangsung di Balai Desa Pasir Putih itu, merupakan rangkaian non fisik program TMMD ke 98 Kodim 0105/Abar. Kegiatan penyuluhan tersebut langsung disampaikan petugas penyuluhan Kabupaten Aceh Barat yaitu Bapak Hasbi, S.p dan Bapak Fahrul Razi, S.st.

Dalam penyuluhannya Fahrul Razi, S.st memberikan beberapa cara bercocok tanam yang baik khususnya pada tanaman padi, selain itu ia juga memberikan pengetahuan cara mengatasi hama dan pengetahuan tanaman yang baik di tanam di daerah - daerah tertentu, serta cara pengajuan bibit dan pengajuan pupuk.

Sementara, Pasiter Kodim 0105/Abar Kapten Inf Suryono Efendi selaku Koordinator penyuluhan mengungkapkan, tujuan penyuluhan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para petani Desa Balee dan Gampong Pasir Putih, dengan harapan agar bisa menambahkan kemampuan khusus petani setempat dalam meningkatkan hasil pertanian.

Selain itu, penyuluhan ini juga sangat penting  untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat, sekaligus mendukung program pemerintah dalam mewujudkan program swasembada pangan nasional,” tutupnya.

Sementara itu, Geuchik Desa Balee M Abdul Jalil Tamin yang hadir diacara penyuluhan mengatakan, kegiatan penyuluhan pertanian bagian dari program TMMD ini sangat bermanfaat. Ia berharap kegiatan ini bisa meningkatkan produksi tanam khususnya padi yang baik bagi warga Desa Balee dan Gampong Pasir Putih.

Komentar

Loading...