Peserta Apel Dansat Uji Ketangkasan Renang Militer

Oleh
renang militer2

Japakeh – Dihari ke tiga, pelaksanaan Apel Komandan Satuan terbesar Kodam Iskandar Muda tahun 2017, para peserta Apel Dansat terlihat semangat dan senang saat melaksanakan uji ketangkasan renang militer di kolam renang Yonif Raider 112/DJ, di Japakeh, Aceh Besar. Minggu (9/4/17).

Kegiatan apel Dansat yang diikuti sebanyak 290 unsur Komandan jajaran Kodam Iskandar Muda, yaitu Danki, Danramil, Danyon, Dandim dan Danrem  itu mengusung tema “MELALUI APEL DANSAT  TNI  ANGKATAN DARAT  TERSEBAR  TA. 2017, KITA WUJUDKAN PRAJURIT KODAM ISKANDAR MUDA YANG KUAT, HEBAT, PROFESIONAL, MENCINTAI DAN DICINTAI RAKYAT SERTA SIAP MELAKSANAKAN TUGAS POKOK”.

Renang merupakan kemampuan dasar yang wajib dimiliki oleh setiap prajurit. Di militer tidak hanya renang dasar yang dimiliki setiap prajurit, tetapi berbagai ketangkasan renang seperti renang militer, renang ponco dan renang taktis.

Renang militer harus wajib mampu dilaksanakan oleh setiap prajurit, karena ini merupakan bekal kemampuan apabila di medan sebenarnya mendapatkan rintangan berupa sungai, danau dan perairan yang tidak dapat dilalui dengan jalan darat.

Pelaksanaan apel Dansat, para peserta diuji untuk melaksanakan ketangkasan berupa renang militer, dimana perlengkapan yang digunakan oleh setiap perorangan menggunakan pakaian PDL, Helm Tempur dan Senjata dengan jarak 50 meter.

Untuk peserta Apel Dansat terbagi menjadi dua kelompok yaitu untuk Satkowil melaksanakan renang militer dasar, sementara Satpur dan Banpur melaksanakan renang militer. Selain itu, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai lajur yang ada. Lajur yang digunakan enam lajur mulai lajur satu sampai dengan tiga dan lajur delapan sampai lajur sepuluh.

Tampak hadir dalam kegiatan renang militer, Kasdam Iskandar Muda, Irdam, Danrem 011/LW, Danrem 012/TU, Para Pa Ahli, Asisten , Kabalak, Wadan Rindam serta para unsur Dansat jajaran Kodam Iskandar Muda.

Komentar

Loading...