Dandim 0113/Galus Pimpin Rakor Serapan Gabah Petani (Sergab)

Oleh
86bf3764-0f2e-409d-92ec-7f563938c881

Gayo Lues - Komandan Kodim 0113/Gayo Lues Letnan Kolonel Inf Muhammad Faizal Nasution, S.IP bertempat di aula Makodim 0113/Galus mengundang pejabat Bulog, Dinas Pertanian Gayo Lues, PPL dan pemilik/pengusaha gilingan padi yang ada di Kabupaten Gayo Lues untuk duduk bersama melaksanakan rapat koordinasi penyerapan gabah. Rabu (29/03/2017).

Pada kesempatan tersebut Dandim 0113/Galus menyampaikan bahwa perlunya saling bersinergi, berkaitan dengan MOU Menteri Pertanian dengan Panglima TNI yang harus ditindak lanjuti sampai tingkat bawah.

“Rakor Sergap ini juga merupakan wadah untuk menyamakan persepsi antar pihak terkait, agar pelaksanaannya berjalan sesuai harapan dan dalam hal ini pihaknya mendukung program pemerintah dalam mensukseskan Swasemabada pangan di Kabupaten Gayo Lues,"Ujarnya.

Sambung Dandim, Kodim 0113/Gayo Lues telah membuat Posko untuk mencatat setiap beras yang akan masuk dan ditolak, serta akan dilaksanakan secara terus menerus sebagai upaya untuk mencegah tengkulak untuk membawa gabah/beras keluar dari Kabupaten Gayo Lues.

“Memang saat ini harga Gabah Kering Panen (GKP) yang di tetapkan Bulog masih rendah di banding dengan harga yang dibeli oleh para pemilik penggilingan padi kepada Petani,” tutupnya.

Sementara itu Kasubdivre Bulog Kuta Cane Bpk H. Basir, S.Sos menyampaikan bahwa untuk mendukung pemenuhan stok pangan nasional, kualitas beras yang akan diserap oleh bulog harus memenuhi kriteria.

Kasubdivre menambahkan, pihaknya siap bekerjasama dengan mitra bulog, Kodim 0113/Galus, Dinas Pertanian Kab. Gayo Lues, para petani maupun gapoktan yang diwilayah Kabupaten Gayo Lues untuk meningkatkan swesembada pangan.

“Pihak kami siap bekerja sama dengan mitra bulog, Kodim 0113/Galus, Dinas Pertanian Kab. Gayo Lues, para petani, untuk meningkatkan swesembada pangan,” tukasnya.

Kegiatan Rakor tersebut dihadiri Kadis Pertanian Kab.Gayo Lues Noval, SP, Kasubdivre Bulog Kuta Cane H. Basir, S.Sos  hadir pula Pasiter Dim 0113/Galus Kapten Inf M.S Sirait, pemilik usaha penggilingan padi dan PPL Gayo Lues.

Komentar

Loading...