Pangdam IM: Pejabat Koperasi Harus Jujur, Kreatif dan Punya Mitra

Oleh
ccc04f47-c085-4485-9303-5adb92430054

Banda Aceh - Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM) Mayjen TNI Tatang Sulaiman menyatakan, keberhasilan Puskop Kartika Iskandar Muda, ditentukan oleh pejabat Koperasi yang Jujur, kreatif dan mampu bermitra dengan pihak luar. Itulah kunci keberhasilan.

Hal tersebut disampaikan Pangdam IM saat membuka Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke-48 Pusat Koperasi Kartika Iskandar Muda tutup buku tahun 2016, di Wisma Iskandar Muda, Neusu, Banda Aceh, Jum'at (24/3/2017).

Pangdam menjelaskan, jujur artinya, peran dan fungsi badan pemeriksa harus ditingkatkan, agar diperoleh optimalisasi  pelaksanaan  tugas,  sesuai  dengan prinsip keterbukaan yang di anut koperasi.

"Jadi harus disadari, bahwa manajemen yang sehat, dinamis dan terbuka merupakan tuntutan mutlak bagi keberhasilan koperasi, karena koperasi di bentuk untuk kepentingan anggota Kodam Iskandar Muda," tegas Pangdam.

Selain itu, kreatif dan mampu bermitra dengan pihak luar, artinya harus berkompetisi. jangan hanya diam, akhirnya membawa kekalahan. Karena kompetisi sekarang bukanlah dengan bangsa sendiri saja, tetapi sampai ke negara luar.

“Pejabat Koperasi harus berjiwa bisnis dan kreatif, sekarang zaman global, dimana kita dituntut untuk berkompetisi, kalau kita diam, maka kita akan kalah. Kalau pejabat koperasi tidak berinovasi dan hanya duduk-duduk saja di kantor, pasti akan ketinggalan,” tegas Pangdam.

Apalagi, sambung jendral bintang dua ini, selama satu tahun kedepan Puskop Kartika Iskandar Muda merencanakan kerjasama dengan pengembangan usaha koperasi yang bersifat kedalam berupa peningkatan dan pengembangan usaha toko (penjualan atk).

Selain itu, pengembangan usaha koperasi keluar, yaitu kerja sama usaha penyaluran semen padang dengan pihak distributor, kerjasama pengadaan material bangunan dengan pihak rekanan serta pengembangan usaha travel (penjualan tiket pesawat) dengan maskapai penerbangan tiket di Aceh.

" Jadi pejabat koperasi harus sering berkomunikasi dan sharing dengan Inkopad, Dewan koperasi Indonesia serta Dinas koperasi dan UKM," tutup Pangdam.

Tampak hadir dalam RAT Kasdam, Pa Ahli, Para Asisten, Kabalak, Lo AL, Lo Au ,Wadan Rindam, Kabid Nikkop Inkop Kartika ( Kolonel Caj (k) Dra. Elmi, kabid wasrik diskop dan ukm (Drs. Muhammad Dahlan), Ketua Dekopin Aceh (Drs. Mahdi Bahtera, M.Si) serta pengurus Koperasi primer satuan jajaran Kodam IM.

Komentar

Loading...