Latbak Jatri Meningkatkan Kemampuan prajurit

Oleh
WhatsApp Image 2017-03-24 at 5.55.44 PM

PASIE RAJA –  Sedikitnya 245 prajurit Kodim 0107/Aceh Selatan melaksanakan latihan menembak senjata ringan (Latbak Jatri) di lapangan tembak Batalyon Infanteri 115/Macan Leuser. Latihan menembak tersebut dipimpin langsung oleh Dandim 0107/Asel Letkol Kav Hary Mulyanto.Jumat (24/3/).

Sebelum melaksakan menembak, Dandim menberikan penekanan kepada seluruh prajurit diantaranya tentang pentingnya faktor keamanan dalam penggunaan senjata dan bagaimana cara mengatasi kendala bila terjadi ganguan pada senjata.

“ Semua prajurit harus mengikuti  prosedur yang benar sesuai dengan petunjuk pelatih, sehingga latihan dapat berjalan dengan tertib dan aman,” kata Dandim.

Dandim juga menjelaskan, latihan nembak ini merupakan program kerja bidang operasi Triwulan I TA 2017,  yang bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan menembak senapan dan pistol, “ karena menembak merupakn dasar militer yang harus dimiliki oleh semua prajurit TNI,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapten Inf M.Nasir  selaku Komandan Latihan lebih lanjut menjelaskan untuk materi menembak senapan M16-A1 jarak 100 meter  menggunakan tiga sikap yaitu tiarap, duduk dan berdiri, Sedangkan materi menembak pistol dengan jarak 25 meter menggunkan satu sikap yaitu berdiri.

Lebih lanjut ia menjelaskan, dalam latihan ini ada tiga tahap kategori penembakan yaitu, 3 butir penembakan pertama sebagai koreksi, 3 butir kedua penembakan untuk pengelompokan, kemudian terakhir 10 butir penembakkan untuk penilaian,” tutup Kapten Inf M.Nasir .

Komentar

Loading...