Lolos Rikmin dan Rikes, Calon PrajuritTamtama di Uji Garjas

Oleh
WhatsApp Image 2017-03-10 at 14.22.50

KODAM IM. Calon Prajurit Tamtama PK TNI AD Gelombang I Tahun Anggaran 2017, melaksanakan uji kesegaran Jasmani  dilapangan Jasmani Militer Kodam IM Jl. Nyak Adam Kamil II, Peuniti, Baiturrahman, Kota Banda Aceh. Kamis (09/03).

Tes Garjas bagi calon prajurit TNI tersebut diselenggarakan oleh Tim Garjas Werving Calon Tamtama dan diawasi langsung oleh Kajasdam IM Kolonel Inf Akhayari, SIP.

Adapun kelas/gelombang tes yang mengikuti test Gasrjas , kelas B dengan jumlah 78 calon yang datang dari berbagai wilayah di Aceh maupun provinsi di luar Aceh. Para calon prajurit tersebut sebelumnya telah dinyatakan lolos seleksi pemeriksaan Administrasi dan kesehatan ,maupun pengukuran berat dan tinggi badan dan kini mereka giliran di uji tes kesegaran jasmani.

Pelaksanaan test Garjas meliputi kesegaran A yakni tes lari selama 12 menit, dan tes kesegaran B melaksanakan  materi pull up, sit up, push up, shattel run, renang dengan jarak 25 meter,ini sesuai dengan aturan yang sudah di tentukan oleh TNI AD. Untuk tes renang dilaksanakan di Kolam renang Tirta Raya Banda Aceh.

Kajasdam IM Kolonel Inf Akhayari, SIP. Mengungkapkan bahwa test Garjas ini untuk mengetahui ketangkasan dari para calon prajurit, apabila nilai garjas tidak memenuhi syarat di anggap gagal dan tidak dapat untuk mengikuti tes selanjutnya. Dengan harapan para calon prajurit yang nantinya diterima memiliki kesemaptaan yang prima dan siap untuk tugas dalam kondisi apapun.

“Tes garjas dilaksanakan untuk mengetahui ketangkasan para calon prajurit, apabila tidak memenuhi standar nilai yang ditentukan, calon dinyatakan gugur dan tidak dapat mengikuti test selanjutnya”, ungkap Kajasdam.

Kepada para calon prajurit, Kajasdam juga menyampaikan kepada seluruh calon tamtama untuk melaksanakan test dengan sekuat tenaga, berusaha maksimal untuk mewujudkan cita-cita para calon, namun dirinya juga menekankan apabila merasa pusing ataupun sesak nafas segeralah berhenti agar tim dari kesehatan dapat segera memberikan pertolongan.

Selain diawasi oleh Tim Jasdam IM, pelaksanaan kegiatan test Garjas juga di awasi oleh Tim Kesehatan dari Kesdam IM untuk bertindak cepat memberikan pertolongan medis kepada para calon yang mengalami hal-hal yang tidak di inginkan seperti pusing, sesak nafas dan lain-lain selama pelaksanaan kegiatan.

Dari kelas B yang melaksanakan tes Garjas tersebut, sebanyak 68 calon telah memenuhi nilai standar yang ditentukan dan dinyatakan lulus serta dapat mengikuti rangkaian tes pada hari berikutnya.

Komentar

Loading...