Lhokseumawe dan Langsa Salah Satu Daerah Kajian Setjen Wantannas

Oleh
WhatsApp Image 2017-03-08 at 19.18.44

Banda Aceh - Tim Kajian Daerah Setjen Wantannas Marsekal Muda TNI Khoirul Arifin, SE,MM  (Deputi Pengembangan) akan melakukan kajian tentang revitalisasi potensi daerah guna meningkatkan kesejahteraan rakyat  di Provinsi Aceh selama lima hari, salah satunya akan melakukan kunjungan dan kajian di wilayah Lhokseumawe dan Langsa.

Hal tersebut diungkapkan Marsekal Muda TNI Khoirul Arifin, SE,MM  selaku ketua tim saat mengisi acara tatap muka Tim Kajian Daerah Aceh Sekretariat Dewan Ketahanan Nasional (Setjen Wantannas) serta Tokoh masyarakat, Agama , Adat Provinsi Aceh di Balai Teuku Umar (BTU) Kodam Iskandar Muda, Rabu (8/3/17).

Acara tersebut di buka oleh Kasdam Iskandar Muda Brigjen TNI Achmad Daniel Chardin, yang dihadiri rombongan Setjen Wantannas yang terdiri dari Brigjen TNI Syaiful, MBA (Bandep Sosbud), Brigjen Pol. Drs. Edi Mulyono, MH (Bandep Kumdang), Kol Arm Ganef Suwondo, S.IP (Anjak Bid. Bangbelneg), Kol Sus Drs. Nurofik (Anjak Bid. Agama), Ir. Muhammad Iqbal, M.Sc (Anjak Bid. Pendidikan) serta Tokoh maysrakat, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh daerah provinci Aceh.

Provinsi Aceh yang dibentuk berdasarkan Undang-undang No. 11 tahun 2006 tentang pemerintahan Aceh, sehingga memiliki nilai strategis baik dalam pengelolaan pemerintahan maupun sumber daya alam (SDA).

Selama lima hari kunjungan ke Aceh, selain wilayah Banda Aceh, tim juga akan berkunjung ke wilayah Lhokseumawe Aceh Utara dan Langsa Aceh Timur. Tim Wantannas akan bertugas untuk merumuskan rancangan kebijakan dan strategi nasional dalam rangka pembinaan ketahanan nasional untuk menjamin pencapaian tujuan dan kepentingan nasional Indonesia.

Dengan melalui mekanisme kajian Wantannas meliputi aspek Ideologi Politik Ekonomi Sosial Budaya hukum Pertahanan dan Keamanan (Ipoleksosbudkumhankam) yang ada terkait isu penegakan hukum, isu keadilan masyarakat, isu HAM, isu media, konflik komunal, kebijakan tidak poluler, kejadian menonjol dan lain-lain.

Visis dari Setjen Wantannas yakni menyediakan optional decision yang operasional dalam seluruh aspek kehidupan nasional yang terkait erat dengan ancaman tradisional dan non tradisional dengan mengintegrasikan berbagai pemikiran dari jalur aspiratif, akademik dan empirik secara komprehensif integral melalui proses lintas sektor, lintas fungsi dan lintas disiplin ilmu serta Menyediakan informasi akurat, terpercaya, cepat melalui sistem informasi Setjen Wantannas yang compatible dengan sisinfo K/LPNK dan sisinfo Pemda.

Serta melakukan monitoring terhadap pelaksanaan direktif Presiden selaku Ketua Wantannas kepada seluruh K/LPNK, Pemda Provinsi, Kab/Kota, serta kemungkinan risiko yg dihadapi. Memelihara seluruh sumber daya dan instrumen kelembagaan Setjen Wantannas untuk mendukung kelancaran tupoksi.

Turut hadir dalam acara tersebut Irdam, para Asisten, Danlanud SIM, LO AL, LO AL, Kabalakdam, dan para Tomas, Toga, Todat, dan Toda Provinsi Aceh.

Komentar

Loading...