Peran TNI AD Dalam Mensukseskan Penyerapan Gabah Diluar Kualitas

Oleh
WhatsApp Image 2017-03-07 at 19.10.43

Langsa - Komandan Kodim 0104/Aceh Timur Letnan Kolonel (Letkol) Inf Amril Haris Isya Siregar, SE bahas Penyerapan Gabah (Sergab) Diluar Kualitas Pertanian bersama Badan Urusan Logistik (Bulog), Dinas Pertanian (Distan), dan Badan Ketahanan Pangan Daerah (BKPD) serta Danramil Jajaran di Aula Yudha Makodim Langsa, selasa (7/3). Rapat ini diselenggarakan dalam rangka menindak lanjuti hasil rapat pertanian yang digelar di Jakarta pada awal Maret lalu dan diikuti oleh seluruh Komandan Satuan (Dansat) yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Dandim 0104/Atim Letkol Inf Amril Haris Isya Siregar, SE pada kesempatan itu menjelaskan tentang permasalahan yang baru-baru ini dialami oleh petani di kabupaten boyolali provinsi jawa tengah. Pada saat memasuki musim panen terjadi cuaca buruk yang menyebabkan tanaman padi petani rubuh akibat kadar air yang tinggi, sehingga memaksa petani untuk melakukan panen lebih awal meskipun bulir belum penuh.

“Alhasil, petani terpaksa menjual gabah kepada tengkulak meski dihargai dibawah Harga Pokok Penjualan (HPP). Kerugian yang dialami petani tersebut dapat memicu hilangnya kepercayaan kepada pemerintah, ujarnya.

Untuk mengatasi hal tersebut terulang kembali di daerah lain, Sergab Pertanian akan melibatkan empat elemen seperti TNI-AD, Bulog, Distan, dan BKPD dalam membantu petani mengatasi kerugian penyerapan gabah kurang berkualitas di masing-masing kabupaten/kota.

“Dengan ikut serta membantu sepenuhnya langkah yang diambil oleh kementan dengan menyiapkan rencana dan mendata sergab diluar kualitas,” terang Dandim.

Babinsa sebagai pendamping pertanian dalam hal meningkatkan swasembada pangan akan membantu mengawasi pengukuran kadar air serta akan mencegah permainan harga oleh tengkulak yang dapat merugikan petani dengan mendampingi distan dan bulog untuk membeli gabah petani sesuai HPP.

Penyerapan dan Pembelian Gabah diluar kualitas tersebut akan diperketat dengan mewajibkan mengisi blanko formulir pembelian yang kemudian ditandatangani oleh Petani sebagai penjual dan Bulog sebagai pembeli serta diketahui oleh PPL Pertanian dan Babinsa atau Danramil, lanjutnya.

Selanjutnya Dandim memerintahkan kepada seluruh Danramil jajaran Kodim 0104/Atim agar segera mensosialisasikan rencana Sergab ke masyarakat petani di wilayah kerja masing-masing tentang mekanisme pelaksanaan dan teknis pembelian sesuai pedoman dari kementan. Beliau juga mengarahkan Bulog supaya estimasi sergab diluar kualitas dapat sesuai target dari masing-masing Subdrive, tegasnya.

Hadir pada rapat tersebut Dandim 0104/Atim Letkol Inf Amril Haris Isya Siregar, SE, Kasdim Mayor Inf Luthfi Hadi, SH, Pabung Atam Mayor Inf A. Yani, Pabung Atim Mayor Inf Sulistiyono, Kasubdrive Langsa Hendi Ismail Siregar, Kabid Produksi Atam Mustafa, SP, Kabid TP Langsa Naufa, Kabid TP Atim Syawaluddin, SP, MP, seluruh danramil jajaran dan perwira staff Kodim 0104/Atim.

Komentar

Loading...