Jalin Kebersaman Lewat Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih

Oleh
photo6167852712897652694

Takengon -- Komandan Ramil-06/Silih Nara Kapten Czi Zakaria sedang melaksanakan kegiatan Upacara hari senin dan sekaligus menjadi Inspektur Upacara (Irup) yang bertempat di SMA Negeri 6 Kecamatan Silih nara Kabupaten Aceh Tengah, Senin (27/02/2017). Kegiatan ini rutin dilaksanakan oleh Koramil-Koramil jajaran Kodim 0106/Ateng-BM, secara bergiliran baik di SD, SMP maupun SMA dan bergantian sebagai Irup nya, kalau tidak Danramil pasti Babinsa.

Pelaksanaan upacara hari senin ini dilaksanakan untuk menjalin jiwa kebersamaan antara Koramil-06/SN dan SMA Negeri 6 Aceh Tengah yang di hadiri oleh Babinsa, Kepala Sekolah, Guru, Stap tata usaha serta Siswa-Siswa SMA.

Dalam amanatnya Danramil, menyampaikan bahwa Seorang siswa dalam mengikuti kegiatan belajar di sekolah tidak akan lepas dari berbagai peraturan dan tata tertib yang diberlakukan di sekolahnya, dan setiap siswa dituntut untuk dapat berperilaku sesuai dengan aturan dan tata tertib yang yang berlaku di sekolahnya. Kepatuhan dan ketaatan siswa terhadap berbagai aturan dan tata tertib yang yang berlaku di sekolahnya itu biasa disebut disiplin siswa. Sedangkan peraturan, tata tertib, dan berbagai ketentuan lainnya yang berupaya mengatur perilaku siswa disebut disiplin sekolah.

Disiplin sekolah adalah usaha sekolah untuk memelihara perilaku siswa agar tidak menyimpang dan dapat mendorong siswa untuk berperilaku sesuai dengan norma, peraturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah. Yang dimaksud dengan aturan sekolah (school rule) tersebut, seperti aturan tentang standar berpakaian (standards of clothing), ketepatan waktudan etika belajar. Tujuan disiplin sekolah adalah memberi dukungan bagi terciptanya perilaku yang tidak menyimpang, mendorong siswa melakukan yang baik dan benar, membantu siswa memahami dan menyesuaikan diri dengan tuntutan lingkungannya dan menjauhi melakukan hal-hal yang dilarang oleh sekolah dan siswa belajar hidup dengan kebiasaan-kebiasaan yang baik dan bermanfaat baginya serta lingkungannya.

Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara merupakan pelajaran pokok sesuai Kurikulum yang berlaku saat ini. “Sebagai generasi penerus bangsa harus punya semangat dalam menimba ilmu agar kedepan bisa ikut membangun daerah ini menjadi lebih maju. Bangsa Indonesia adalah bangsa besar dengan keanekaragaman suku dan budaya serta agama, tetapi dengan perbedaan tersebut kita tetap satu yaitu bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Hal itulah yang sejak dini harus ditanamkan kepada generasi muda bangsa agar memiliki semangat Nasionalisme serta semangat dalam mengisi pembangunan bangsa Indonesia. “Kita harus bangga dengan keanekaragaman tersebut, seperti semboyan Bhineka Tunggal Ika yang mempunyai arti berbeda beda tetapi tetap satu".

Pemuda adalah generasi penerus bangsa, calon pemimpin masa depan dan harapan bagi kemajuan Negara, akhir-akhir ini kehidupan pemuda kita terutama pelajar dipengaruhi oleh banyak faktor. Narkoba menjadi salah satu penyebabnya, untuk itu pemerintah saat ini telah mencanangkan Indonesia Darurat Narkoba, dengan mengacu pada peristiwa-peristiwa tersebut diatas dan juga untuk mencegah semakin meluasnya peredaran narkoba, Bahaya Narkoba di kalangan para siswa-siswi dengan menambah mata pelajaran akhlak dan budi perkerti luhur supaya para murid ini mengerti sehingga tidak terjerumus dalam hal-hal yang negatif.

“Kalian sebagai generasi muda, generasi penerus bangsa. Masa depan bangsa dan negara ini di pundak kalian. Untuk itu, jadilah pelajar yang berprestasi dan berkualitas demi kemajuan bangsa, jangan terpengaruh lingkungan sekitar, pandai-pandailah bergaul dan memilih teman serta teruslah belajar guna mencapai cita-cita dan masa depan kalian”.

kegiatan upacara ini di laksanakanan untuk menumbuhkan jiwa patriotisme, menghormati lambang negara RI dan untuk mengingat kembali para pejuang kita yang sudah rela berkorban jiwa raga serta harta demi Negara dan Bangsa. Tugas TNI adalah melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia serta menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI. Setelah selesai pelaksanan Upacara di lanjutkan dengan kegiatan ramah tamah.

Komentar

Loading...