Dandim Aceh Utara Buka RAT Tutup Buku 2016 Koperasi Kartika Malikussaleh

Oleh
WhatsApp Image 2017-02-07 at 13.18.11

LHOKSEUMAWE -  Komandan Kodim 0103/Aceh Utara, Letkol Inf Eka Oktavian Wahyu Cahyono membuka Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Kartika Malikussaleh di Aula Makodim setempat (07/02/17).

Kegiatan tersebut diawali laporan singkat pertanggung jawaban Tutup Buku tahun 2016 oleh Keprimkop Kartika Malikussaleh Kodim 0103/Aceh Utara, Sumariadi.

Dalam laporanya Sumariadi mengatakan bahwa Koperasi Kartika Malikussaleh telah  melaksanakan tertib administrasi sesuai arahan dari Puskop Kartika IM dan pihaknya sangat berharap peran aktif BP (Badan Pengawas) mengenai baik administrasi maupun masalah yang lainnya.

Sementara Dandim 0103/Aceh Utara dalam sambutannya mengatakan RAT adalah rapat anggota yang mempunyai peranan penting dalam menentukan maju atau mundurnya tata kehidupan koperasi, karena rapat anggota membahas persoalan yang timbul dalam kegiatan koperasi yang mungkin akan dicari jalan cara penyelesaian untuk mengatasi persoalan, dalam membuat program kerja koperasi harus ditetapkan oleh rapat anggota sebagai pemegang kekuasaan tertinggi dalam koperasi.

Lebih lanjut Dandim mengatakan tujuan dibentuknya koperasi di lingkungan TNI khususnya Kodim 0103/Aceh Utara yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan prajurit dan pegawai negeri sipil beserta keluarganya.

"Kepada para pengurus koperasi, harus sehat mental (jujur, adil dan bertanggung jawab), sehat organisasi (manajemen terbuka), sehat usaha (pelayanan baik dan melaksanakan azas dan sendi koperasi)," jelasnya.

Manajemen yang sehat, dinamis dan terbuka merupakan tuntutan mutlak bagi keberhasilan koperasi, karena lembaga usaha ini dibentuk oleh dan untuk kepentingan anggota.

Kemudian diakhir sambutannya Dandim mengharapkan agar Koperasi Kartika Malikussaleh mampu memanfaatkan dan mengembangkan setiap peluang usaha. Selain itu, harus terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia sebagai pengawak koperasi yang profesional serta berkualitas sehingga dapat menjadi motor penggerak utama, dalam mewujudkan semangat kemandirian usaha yang semakin kompetitif.

Dalam pelaksanaanya RAT diiikuti oleh 379 anggota dari jumlah seluruhnya 673 0rang.  Dalam rangkaian acara tersebut juga dilaksanakan pembelian bantuan sejumlah uang tunai untuk operasional musholla asrama gabungan TNI AD Hagu Selatan  dan musollah Makodim serta Yayasan Persit KCK Cab. XX Kodim 0103.

Komentar

Loading...