445 Prajurit Kodim 0106/Ateng Ikuti UTP Umum

Oleh
WhatsApp Image 2017-02-07 at 14.01.41 (1)

TAKENGON – Sebanyak 445 prajurit Kodim 0106/Aceh Tengah-Bener Meriah mengikuti uji terampil Perorangan (UTP) umum selama tiga hari kedepan. UTP tersebut untuk meningkatkan profesionalisme Prajurit Kodim 0106/Aceh Tengah-Bener Meriah, Selasa ( 07/02/17 ).

Kegiatan di gelar di lapangan apel Makodim setempat, dibuka langsung oleh Dandim 0106/Ateng-BM, Letkol Inf Didit Hari Prasetyo Putro, S.I.P selaku pimpinan umum latihan, sedangakan penguji seluruh Danramil jajaran Kodim 0106.

Uji terampil perorangan ini bertujuan untuk menguji kemampuan perorangan yang dimiliki oleh setiap Prajurit sesuai dengan kecakapan SJM yang dimiliki, serta didapatkannya suatu data kulitatif yang valid tentang pemahaman dan penguasaan Prajurit terhadap pengetahuan dan ketrampilan umum, sesuai tingkat kecakapan untuk kepentingan pembinaan personel dan pembinaan latihan.

Sebelum dilaksanakan UTP Umum terlebih dahulu para personel mengikuti Latorsar  (latihan Perorangan Dasar). Selama pelaksanaan Latorsar dengan materi yang bersifat keterampilan militer perorangan, seperti Teknik Tempur Dasar, Navigasi Darat, Pertolongan Pertama di Lapangan, Pengetahuan Senjata ringan, 5 Kemampuan Teritorial, Binwanwil, Binkomsos , Ketatalaksanaan Binter dan lain – lain, yang berpedoman pada Buku Petunjuk Umum Prajurit ( BPUP ) dari tingkat kecakapan 1 s/d tingkat kecakapan 7 dimana semua tingkat kecakapan tersebut diperuntukkan bagi para Bintara dan Tamtama, dan BPUP tersebut merupakan buku petunjuk standarisasi yang dikeluarkan oleh Mabesad guna menjamin kesamaan penguasaan materi perorangan.

Tingkat kecakapan yang di ujikan meliputi kacakapan dua sampai dengan tujuh materinya disesuaikan dengan tingkat ketrampilan masing-masing anggota antara lain sikap teritorial, lima kemampuan teritorial, Nik Sar Pur, Spesialisasi Intel Teritorial, Spesialisasi Ketatalaksanaan Binter, Spesialisasi Sistem Perencanaan dan Pengendalian Binter dan Spesialisasi Bintahwil serta Spesialisasi Bin Wanra.

Dandim menjelaskan bahwa UTP ini merupakan program latihan yang dilaksanakan setiap tahun, namun bukan berarti bahwa latihan hanya bersifat seremonial semata. Tetapi UTP Umum ini merupakan tahap latihan untuk menguji keterampilan perorangan dari materi yang telah diperoleh dan dilatihkan pada tahap Latorsar (Latihan Perorangan Dasar), sehingga hasil yang di capai dapat digunakan sebagai acuan dan bahan evaluasi dalam pelaksanaan latihan kelompok yang harus dilaksanakan pada tahap latihan berikutnya sesuai kalender latihan satuan.dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan dan ketrampilan masing-masing Prajurit sesuai dengan tugas pokok yang dibebankan kepadanya. Selain itu, untuk meningkatkan dan memelihara kemampuan perorangan guna mencapai kemampuan standar Prajurit Kodim 0106 kepada seluruh Prajurit sesuai dengan tingkat kecakapan 1 sampai dengan tingkat kecakapan 7.

Dikatakannya, Pembinaan Teritorial sebagai salah satu fungsi utama TNI AD yang sejajar dengan fungsi pertempuran dalam rangka menempatkan Binter sebagai salah satu fungsi utama.“Maka di butuhkan adanya kompetensi dari segenap personel yang bertugas di jajaran Satkowil khususnya para Babinsa sebagai ujung tombak pelaksanaan tugas pembinaan teritorial di lapangan, Letkol Inf Didit.

Komentar

Loading...