PJS. Pasiter Kodim 0106/Ateng Mengecek Ternak Sapi Brahman Cross

Oleh
WhatsApp Image 2017-02-04 at 09.45.52

TAKENGON - Komandan Kodim 0106/Ateng-BM Letkol Inf Didit Hari Prasetyo Putro S.I.P yang di wakili oleh Pjs. Pasiter Danramil-02/Bebesan) Kapten Inf Bambang Suhartono beserta anggota Stap Ter dan anggota Koramil-07/Jagong mengecek kondisi ternak sapi brahman cross yang berjumlah 25 ekor dalam keadaan sehat semua, yang bertempat di kandang ternak Desa Paya Tungel, Kec. Jagong Jeget, Kab. Aceh Tengah, Sabtu ( 04/02/17)

Pjs. Pasiter Kodim 0106/Ateng menyampaikan bahwa pengembangan program ternak ini bekerja sama antara Kementerian pertanian, TNI/POLRI dan Kejaksaan. Sapi Brahman Cross ini merupakan sapi potong dengan darah Brahman dominan. Sapi ini merupakan tipe sapi potong yang tahan panas, tahan caplak, tahan kutu dan tahan kekeringan. Sifat sapi Brahman Cross sebagai hewan dengan reproduksi lambat (slow breeder), sulit dideteksi birahinya membuat pelaksanaan IB pada sapi banyak menjumpai kegagalan.

Budidaya sapi ini dengan sistem peternakan intensif tradisional akan menimbulkan fenomena reproduksi, terutama berupa infertilitas nutrisi yang dimanifestasikan dengan birahi tenang, anestrus dan kawin berulang. Fenomena reproduksi pada sapi Brahman-Cross tersebut dapat dieliminasi dengan perbaikan manajemen peternakan, peningkatan pakan serta manajemen reproduksinya,” Ungkap Kapten Inf Bambang.

Komentar

Loading...