Berkaitan Program SP3T, Dandim 0104/Atim Tinjau Lahan Pertanian di Alur Merbau

Oleh
0104

LANGSA - Komandan Kodim (Dandim) 0104/Aceh Timur Letnan Kolonel (Letkol) Inf Amril Haris Isya Siregar, SE didampingi Danramil 30/Langsa Timur  Kapten Inf Syahrul  meninjau lahan pertanian di desa Alur Merbau kecamatan Langsa Timur Kota Langsa, Kamis (2/2/17).

Peninjauan  ini berkaitan dengan Program Sentra Pelayanan Pertanian Padi (SP3T) yang digagas oleh Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo melalui Kementerian Pertanian beberapa waktu yang lalu.

Menurut Dandim , Program SP3T dianggap bisa menekan angka kemiskinan di Indonesia, dengan bantuan kecanggihan alat pertanian (Alsintan) yang terdapat dalam program ini, petani bisa menekan biaya produksi hingga 50 persen. Selain itu, teknologi yang dimiliki SP3T, bisa menghemat biaya olah Rp 2,5 Juta per 1 hektar. Pasalnya, seluruh pekerjaan yang dilakukan di SP3T, semuanya menggunakan alat pertanian dengan sistem tercanggih, “kata Dandim.

Dengan proses pengelolahan yang canggih, tentunya bisa memutus rantai perdagangan di tingkat petani. Sebab petani bisa menjual padinya ke SP3T dengan harga diatas Harga Pokok Penjualan (HPP) yang ditetapkan pemerintah. “Perkilo-nya, petani bisa menjual padinya ke SP3T dengan harga empat ribu, ini akan menguntungkan petani. Namun, harga dikonsumen tetap stabil,” kata Komandan Kodim 0104/Atim .

Komentar

Loading...