Tembak Salpo Iringi Pemakaman Serma Nadirman

Oleh

KUALA SIMPANG - Serma Nadirman adalah salah satu Babinsa terbaik Ramil 13/Bendahara Kodim 0104/Aceh Timur. Kepergiannya senin (30/1) sore kemaren membuat keluarga yang ditinggalkan merasa begitu kehilangan. Begitu juga dengan Kodim 0104/Aceh Timur yang berkabung lalu mengantarkan kepergian almarhum melalui tembakan salpo pada Upacara Militer yang digelar di Tempat Pemakaman Umum desa Paya bedi kecamatan Rantau kabupaten Aceh Tamiang, selasa (31/1/17).

Almarhum yang selama ini dikenal baik dan loyal dalam menjalankan perintah, meninggal dunia karena penyakit Stroke yang dideritanya. Ia meninggal dunia saat sedang menjalankan perawatan di Rumah Sakit Putri Hijau Medan - Sumatera Utara. Jarak yang cukup jauh antara Medan - Kuala Simpang membuat keluarga harus menggelar prosesi pemakaman keesokan harinya, karena jenazah baru sampai tadi malam dirumah duka.

Upacara Pemakaman Militer yang digelar tadi pagi, dipimpin langsung oleh Kepala Staff Kodim (Kasdim) 0104/Atim Mayor Inf Luthfi Hadi, SH sebagai Inspektur Upacara. Bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Komandan Koramil (Danramil) 13/BDH Kapten Inf Suharno dan Perwira Seksi Personil (Pasipers) Letnan Satu Inf Sukamto sebagai Perwira Upacara.

Dalam keharuan prosesi pemakaman, kasdim menyampaikan bahwa Komandan Kodim 0104/Atim Letkol Inf Amril Haris Isya Siregar, SE tidak bisa hadir karena sedang mengikuti rapat di Jakarta. Dandim beserta Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM) Mayjen TNI Tatang Sulaiman dan Komandan Korem (Danrem) 011/Lilawangsa Kolonel Inf Agus Firman Yusmono berpesan kepada keluarga yang ditinggalkan agar tabah dan tawwaqal menerima kepergian almarhum menghadap Sang Pencipta Tuhan Yang Maha Esa. Sungguh pengabdian almarhum sebagai Pengayom Masyarakat patut diberi penghargaan yang besar melalui Upacara Pemakaman Militer,” ungkap Kasdim.

Prosesi pemakaman yang diselenggarakan dari rumah duka menuju TMP hingga Tembakan Salpo yang dilepaskan oleh Prajurit Kodim 0104/Atim berlangsung dengan khidmad. Turut Hadir Kasdim 0104/Atim Mayor Inf Luthfi Hadi, SH, Perwira Penghubung Aceh Tamiang (Pabung Atam) Mayor Inf A. Yani, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Cabang XXI Ny. Mira Haris Isya Siregar, Danramil Jajaran Kodim 0104/Atim, Personil gabungan Kodim 0104/Atim dan Yonif Raider Khusus 111/KB.

Komentar

Loading...