Pembekalan Wasbang kepada 400 Peserta KPM Universitas Samudera

Oleh
WhatsApp Image 2017-01-30 at 6.04.30 PM

LANGSA-  Bertempat di Aula Kampus Ubuversitas Samudera (Unsam) Langsa, Komandan Kodim 0104/Aceh Timur Letnan Kolonel Inf Amril Haris Isya Siregar menjadi narasumber pembekalan dan sosialisasi Wawasan kebangsaan dan Bela Negera (Belneg) kepada 400 orang mahasiswa peserta Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Unsam Gelombang I Tahun 2017. Senin (30/1/17).

Selain dalam rangka menyongsong KPM di wilayah Kodim 0104/Atim, kegiatan ini juga bertujuan dalam rangka memantapkan kembali wawasan kebangsaan para mahasiswa sebagai bekal dalam menghadapi perkembangan global yang pesat.

Acara diawali dengan sambutan oleh Dosen Unsam Langsa Dr. Yosi Hamdani SH, MH yang mengucapkan selamat datang kepada bapak Dandim 0104/Atim di Kampus Unsam Langsa dalam rangka Sosialisasi Komsos Wawasan Kebangsaan terhadap Mahasiswa Unsam Langsa, sehingga kegiatan ini dapat bermanfaat dan berguna bagi kita semua khususnya para mahasiswa yang akan melaksanakan KPM.

Sebagai narasumber Wasbang, Dandim 0104/Atim mengatakan bahwa pentingnya peningkatan dan pengembangan wasbang dalam menjawab tantangan yang saat ini menjadi permasalahan bangsa khususnya kita sebagai kaum muda, terutama jika ditinjau dari adanya berbagai indikasi  meredupnya semangat, rasa, jiwa dan paham kebangsaan, yang seolah tergantikan oleh jiwa dengan penuh kebebasan bahkan seolah tak terbatas.

Dandim mengajak kepada semua mahasiswa sebagai generasi muda untuk bersatu padu menjadi pelopor masyarakat meraih cita-cita dan tujuan Bangsa yaitu mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Dengan meningkatkan rasa kesetiakawanan sosial, akan mempertebal semangat kebangsaan suatu Bangsa. Kesediaan untuk berkorban demi kepentingan yang lebih besar demi Negara dan Bangsa Indonesia untuk merdeka dan lepas dari penjajahan, “ terang Dandim.

Dandim juga mengingatkan, bahwa saat ini perang masa kini yang menjadi ancaman nyata bagi kita yaitu perang ekonomi yang meliputi pangan, air dan energi, serta kondisi perspektif ancaman bangsa Indonesia meliputi ancaman terorisme, narkoba, persaingan ekonomi, pangkalan militer di Darwin Australia, konflik laut cina selatan serta kompetisi global.

Kegiatan sosialisasi wasbang ini akan menjadi bekal para mahasiswa dalam melaksanakaan kegiatan praktek dan terjun langsung ke masyarakat mengaplikasikan apa yang selama ini dipelajari di dalam kampus dengan dipadukan berbagai program yang telah direncanakan, dan pembekalan ini sangat penting dalam rangka mendukung para mahasiswa sebagai agen pelopor dalam rangka memberikan dan menyebarluaskan kepada masyarakat di kampung–kampung untuk lebih memahami arti penting wawasan kebangsaan dan bela negara dalam kemajemukan berbangsa dan bernegara.

Di akhir acara, kegaiatan diisi dengan sesi tanya jawab oleh peserta kepada narasumber berkaitan dengan materi wawasan kebangsaan. Kegiatan tersebut juga turut dihadiri Dosen Unsam yang sekaligus bertindak sebagai Moderator Dr. Yosi Hamdani SH, MH. S. Danramil 18/BRB Kapten Arh Nana Setiana serta para mahasiswa peserta PKM Universitas Samudera Langsa.

Komentar

Loading...