Personil Koramil dan Polsek Banda Sakti amankan Ibadah Tahun Baru Imlek 2568

Oleh
IMG-20170128-WA0002

Lhokseumawe - Tahun Baru Imlek 2017 merupakan perayaan tradisional terpenting bagi masyarakat etnis Tionghoa. Tahun ini, Imlek jatuh pada hari Sabtu, 28 Januari 2017. Sesuai hitungan berdasarkan kalender masehi, Tahun Baru Imlek selalu jatuh diantara bulan Januari dan Februari. Sementara itu, menurut penanggalan Tionghoa, tahun baru Imlek 2568 menandai dimulainya tahun ayam api.

Tahun Baru Imlek dikenal juga sebagai Festival Musim Semi dan di Tiongkok merupakan hari libur resmi selama sepekan lamanya dan akan diakhiri oleh Festival Cap Go Meh yang merupakan puncak rangkaian tradisi perayaan Imlek yang jatuh pada hari ke-15 pada tahun yang baru.

Untuk mengamankan prosesi Ibadah yang dilakukan oleh etnis Tionghoa, khususnya di Kota Lhokseumawe, Koramil 16/Banda Sakti Kodim 0103/Aceh Utara sedikitnya mengerahkan 1 regu untuk bersama sama dengan Polsek Banda Sakti dan Polres Lhokseumawe melakukan pengaman dan patroli di seputaran Kota Lhokseumawe serta rumah ibadah etnis Tionghoa tersebut.

Dandim 0103/Aceh Utara, Letkol Inf Eka Oktavian Wahyu Cahyono melalui Danramil 16/Banda Sakti Kapten Inf Said Zahlul Pasha mengatakan Kodim 0103/Aceh Utara, khususnya Koramil 16/Banda Sakti selalu aktif bersinergi dengan pihak Kepolisian dalam melaksanakan pengamanan dalam rangka menciptakan dan memberikan rasa aman, nyaman serta tentram bagi umat yang merayakan Tahun baru Imlek.

"Kodim 0103/Aceh Utara bersama sama dengan Polres Kota Lhokseumawe akan selalu bersinergi dalam memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat tidak terkecuali masyarakat etnis Tionghoa yang sedang melaksanakan perayaan Tahun Baru Imlek 2568," tegasnya.

"Selain itu, pengamanan tersebut juga untuk ‚Äémenantisipasi hal hal yang tidak di inginkan atau orang-orang yang menyebarkan kebencian melalui isu SARA," imbuhnya.

Prosesi ibadah perayaan Tahun Baru Imlek 2568 dikota Lhokseumawe berjalan aman dan kondusif.

Komentar

Loading...