Operasi Gaktib dan Yustisi Tingkatkan Disiplin, Tatatertib dan Kepatuhan Hukum Prajurit dan PNS

Oleh
WhatsApp Image 2017-01-26 at 11.55.44 AM

BANDA ACEH. Kodam Iskandar Muda menggelar Upacara Penegakan Ketertiban (Gaktib) dan Yustisi Tahun 2017 di Lapangan Balang Padang, Banda Aceh yang dipimpin langsung oleh Kepala Staf Kodam Iskandar Muda (Kasdam IM) Brigadir Jenderal TNI Ahmad Daniel Chardien. Kamis (26/1/17).

Upacara diikuti 600 prajurit TNI terdiri dari Polisi Militer dari tiga Angkatan yakni Pom AD (Pomdam IM), Pom AL (Pom Lanal Sabang), Pom AU (Pom Lanud SIM), Provost jajaran Kodam IM, Polri,  DLLAJ, Sat pol PP dan  Dinas Perhubungan serta para prajurit dari Yonif Raider 112/DJ, Yonkav 11/ MSC, Yon Armed 17/RC dan Yonzipur 16/DA.

Panglima TNI Jendral TNI Gatot Nurmantyo dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kasdam IM, menyoroti keprihatinan multidimensional, dampak negatif globalisasi secara langsung maupun tidak langsung yang menggerus kepribadian dan jati diri prajurit yang dapat berdampak menurunnya kondisi nilai-nilai loyalitas, moralitas dan integritas para prajurit serta dapat menjadi parasit dalam upaya membangun TNI yang profesional, solid, militan dan dicintai rakyat.

Upaya penegakan disiplin dan kode etik keprajuritan menempati posisi penting dan sangat dibutuhkan guna memberikan dampak positif bagi konsistensi sikap dan perilaku prajurit TNI.

Untuk itu, kata Panglima TNI, saya perintahkan kepada seluruh personel yang terlibat dalam operasi Gaktib dan yustisi, harus memiliki kesamaan persepsi dalam proses penegakan dan penyelesaian pelanggaran hukum disiplin dan tata tertib prajurit TNI dengan tetap mengedepankan etika dalam pelaksanaannya, sehingga dapat menjadi contoh bagi institusi lain.

Upacara Ops Gaktib Yustisi digelar serentak diseluruh Indonesia dengan mengusung tema “Melalui Operasi Gaktib dan Yustisi TA 2017, Polisi Militer TNI bertekad Meningkatkan Disiplin, Loyalitas, Moralitas dan Kepatuhan Hukum Guna Mewujudkan TNI Yang Kuat, Hebat, Profesional dan Dicintai Rakyat.”

Sasarannya meningkatkan disiplin dan tata tertib serta kepatuhan hukum Prajurit TNI maupun PNS TNI yang bebas dari penyakit masyarakat seperti judi, miras, narkoba dan penyalahgunaan barang-barang terlarang lainnya, peredaran uang palsu, pungutan liar , penyimpangan ideologi serta pelanggaran hukum lainnya, diharapkan akan terwujud prajurit TNI yang memiliki jiwa patriot sejati, profesional, dan dicintai rakyat guna mendukung pencapaian tugas pokok TNI.

Dari evaluasi hasil operasi gaktib dan yustisi tahun 2016 secara umum terjadi penurunan pada perkara pidana, tetapi terjadi peningkatan pada pelanggaran disiplin. Adapun perkara yang menonjol meliputi tindak pidana desersi, penyalahgunaan narkoba dan pelanggaran lalu lintas.

Pembukaan upacara Ops Gaktib Yustisi TA 2017 turut dihadiri, Wakapolda Aceh, para Pa Ahli Pangdam IM, LO AU, LO AL, Para Asisten, Kabalak, Kapolresta Banda Aceh,  Danpom AL Lanal Sabang, Danpom AU Sultan Iskandar Muda, Para Dansat jajaran Kodam IM serta para tamu undangan.

Komentar

Loading...