122 Prajurit ikuti Uji Kenaikan Pangkat

Oleh
Shit-Up

LANGSA – Sebanyak 78 Prajurit Kodim 0104/Aceh Timur dan 44 Prajurit dari Kodim 0108/Aceh Tenggara ikuti rangkaian kegiatan Kesegaran Jasmani (Garjas) dalam rangka Uji Kenaikan Pangkat (UKP) periode (1/10/2017) tingkat korem yang digelar bersamaan di Mayonif Raider Khusus 111/Karma Bhakti, Selasa (24/1) pagi.

Kegiatan yang dimulai dari pk. 06.00 WIB tersebut  dipantau langsung oleh Kepala Seksi Personil (Kasipers) Korem 011/Lilawangsa Mayor Inf Zainal Abidin Rambe dengan 15 penyelenggara yang terdiri dari 10 anggota Jasmani Korem (Jasrem) 011/LW, 1 Dokter dari Poli Bantuan Kesehatan (Polbankes) Langsa beserta 4 anggotanya. Turut hadir Perwira Seksi Personil (Pasipers) Kodim 0104/Atim Letnan Satu (Lettu) Inf Sukamto yang mendampingi personil Kodim 0104/Atim selama pelaksanaan Garjas UKP.

Seperti yang dijelaskan Lettu Inf Sukamto ada 3 tahap yang harus dilalui oleh prajurit TNI yang akan naik pangkat, khususnya yang berdinas disatuan bawah Korem seperti Kodim dan Batalyon. Tahapan pertama mereka harus lulus seleksi tingkat satuan itu sendiri, yakni meraih nilai garjas minimal 65 bagi Satuan Komando Wilayah (Satkowil), nilai 70 bagi Satuan Tempur (Satpur), dan nilai 75 bagi Satpur Khusus (Raider, Kostrad, Kopassus). Setelah dinyatakan lulus oleh satuan masing-masing, maka prajurit tersebut selanjutnya akan mengikuti Garjas UKP yang diselenggarakan setingkat Korem. Apabila lulus, maka selanjutnya mengikuti tahapan terakhir setingkat Kodam, urai Pasipers.

Jika prajurit berhasil melewati 3 tahapan tersebut, maka prajurit itu akan dinaikkan pangkat setingkat lebih tinggi dari pangkat sebelumnya terhitung mulai (1/10/2017). Namun, apabila ada yang gagal pada tahapan pertama, kedua maupun ketiga, maka si prajurit harus menunggu periode berikutnya dengan mengikuti 3 tahapan seleksi lagi, begitu selanjutnya. Oleh karena itu seluruh prajurit TNI, mau berdinas dimana saja harus selalu menjaga fisik tetap prima agar dapat melewati tahapan Garjas UKP untuk dapat naik pangkat sesuai waktu yang telah ditentukan, ujar pasipers lagi.

Adapun Garjas UKP terdiri dari Samapta A + B dan Renang Militer 50 meter. Samapta A yaitu melaksanakan Lari Prestasi sejauh 3200 meter dengan waktu tempuh secepat mungkin, dilanjutkan Samapta B yang terdiri dari Pull Up, Sit Up, Push Up dan lari angka 8. Kemudian yang terakhir adalah renang militer sepanjang 50 meter menggunakan gaya dada berpakaian seragam (PDL) lengkap. Dalam hal ini, 11 prajurit kodim 0104/atim tidak dapat mengikuti Garjas UKP yang digelar hari ini, diketahui karena Tensi darah yang tinggi pada saat pemeriksaan sesaat sebelum pelaksanaan kegiatan. Dan bagi mereka akan diberi kesempatan untuk melaksanakan pada keesokan harinya, tutup perwira balok kuning dua dipundak itu.

Komentar

Loading...